-->

HUBUNGAN BUDAYA DAN SASTRA



Dalam pembuatan tugas kali ini, saya disuruh untuk menganalisis dan mempelajari hubungan antara budaya dan sastra. Kita tahu bahwa budaya dan sastra merupakan satu kesatuan yang saling berikatan, tidak bisa dipisahkan. Timbal baliknya pun sangat banyak manfaat bagi orang banyak. Dan dalam hal ini masyarakat adalah elemen terpenting untuk menciptakan suatu budaya atau sastra yang baik.

1. Pengertian Budaya
    Menurut Wikipedia, Budaya atau Kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari bahasa Latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai "kultur" dalam Bahasa Indonesia. Sedangkan, menurut KBBI Budaya diartikan sebagai pikiran, akal budi atau adat-istiadat. Secara tata bahasa, pengertian kebudayaan diturunkan dari kata budaya yan cenderung menunjuk pada pola pikir manusia.

Dalam kehidupan bermasyarakat, saat interaksi antar manusia, individu atau kelompok, disitu pasti ada budaya. Budaya bagi masyarakat Indonesia sangat melekat, budaya dari daerah asalnya atau turun-temurun keluarganya. Budaya di Indonesia sangat beragam, merupakan kebudayaan nasional maupun lokal. Indonesia sendiri terkenal dengan budaya orang-orangnya yang ramah, sopan dan baik. Dan inilah yang seharusnya kita pertahankan sampai kapanpun. Tidak hanya budaya yang ada di Indonesia, keanekaragaman budaya dunia pun sangat banyak dan beragam, yang meliputi Ras, Ekonomi, maupun Politik.

Keanekaragaman penduduk dunia merupakan suatu kondisi dalam masyarakat dimana terdapat perbedaan-perbedaan dalam berbagai bidang terutama suku bangsa, ras, agama dan ideologi. Dalam hal berbudaya pasti ada dampak buruknya, tapi itu bisa dihindari dengan cara meningkatkan semangat religius, semangat nasionalisme, semangat pluralisme, humanisme, dan membangun komunikasi antar masyarakat dengan tujuan yang baik.

2. Pengertian Sastra

Sastra merupakan kata serapan dari bahasa Sansekerta sastra, yang berarti "teks yang mengandung instruksi" atau "pedoman", dari kata dasar sas- yang berarti "instruksi" atau "ajaran". Dalam bahasa Indonesia kata ini biasa digunakan untuk merujuk kepada "kesustraan" atau sebuah jenis tulisan yang memiliki arti atau keindahan tertentu. (Wikipedia)
Yang termasuk kategori sastra antara lain :
a. Novel
b. Cerita/Cerpen
c. Syair
d. Pantun
e. Drama
f. Lukisan

Yang agak biasa adalah pemakaian istilah sastra dan sastrawi. Segmentasi sastra lebih mengacu pada sesuai definisinya sebagai sekedar teks. Sedangkan sastrawi lebih mengarah pada sastra yang kental nuansa puitis atau abstraknya. Istilah sastrawan adalah salah satu contohnya, diartikan sebagai orang yang menggeluti sastrawi, bukan sastra. Selain itu dalam kesusastraan, sastra bisa dibagi menjadi sastra tertulis atau sastra lisan (sastra oral). Disini sastra tidak banyak berhubungan dengan tulisan, tetapi dengan bahasa yang dijadikan wahana untuk mengekspresikan pengalaman atau pemikiran tertentu.

3. Kesimpulan
Sastra melambangkan perungkapan keindahan, yang menyangkut seni dan ini tidak terlepas dari budaya itu sendiri, sedangkan budaya adalah identitas bagi suatu makhluk hidup, jadi hubungan antara budaya dan sastra sangat erat dan kuat, dengan banyak kerterikatan keduanya bisa menciptakan keharmonisan kehidupan masyarakat Indonesia maupun dunia. Selain itu juga sastra dan budaya dapat menghasilkan karya seni yang banyak dan indah. Tetapi sekarang ini banyak budaya baru yang dapat merusak dan menghancurkan keapikan budaya asalnya yang didapatkan dari keluarganya. Jika kita hidup di Indonesia yang terkenal dengan buaya ketimurannya yang sopan, ramah, kalem, dan baik kita harus bisa mempertahankan dan memperlihatkan identitas kita sendiri. Jangan terganggu oleh budaya asing yang masuk kedalam kehidupan berkebudayaan kita. Jadi intinya, mari kita jaga budaya kita sendiri agar tidak semakin terkikis dengan datangnya budaya baru, selain itu kita harus bisa menjaga karya-karya khas nusantara dengan cara melestarikanya. Dan yang tidak kalah penting adalah menghargai perbedaan.

(Sumber Referesi : 
http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya_Indonesia
http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya
http://id.wikipedia.org/sastra
https://asemmanis.wordpress.com)

0 Response to "HUBUNGAN BUDAYA DAN SASTRA"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel