-->

MANUSIA DAN PENDERITAAN

menderita ga punya duit, aaaaaaakh :(

MANUSIA

Manusia adalah makhluk yang luar biasa kompleks. Kita merupakan paduan antara makhluk material dan makhluk spiritual. Dinamika manusia tidak tinggal diam karena manusia sebagai dinamika selalu mengaktivasikan dirinya. 

Menurut para ahli :

NICOLAUS D. & A. SUDIARJA
Manusia adalah bhineka, tetapi tunggal. Bhineka karena ia adalah jasmani dan rohani akan tetapi tungga karena jasmani dan rohani merupakan satu barang.

ABINENO J. I
Manusia adalah "tubuh yang berjiwa" dan bukan "jiwa abadi yang berada atau terbungkus dalam tubuh yang fana".

UPANISADS
Manusia adalah kombinasi dari unsur-unsur roh (atman), jiwa, pikiran dan prana atau badan fisik.

SOKRATES 
Manusia adalah makhluk hidup berkaki dua yang tidak berbulu dengan kuku datar dan lebar.

KEES BERTENS
Manusia adalah suatu makhluk yang terdiri dari 2 unsur yang kesatuannya tidak dinyatakan.

I WAYAN WATRA
Manusia adalah makhluk yang dinamis dengan trias dinamikanya, yaitu cipta, rasa dan karsa.

OMAR MOHAMMAD AL-TOUMY AL-SYAIBANY
Manusia adalah makhluk yang paling mulia, manusia adalah makhluk yang berfikir, dan manusia adalah makhluk yang memiliki 3 dimensi (bada, akal, dan ruh). Manusia dalam pertumbuhannya dipengaruhi faktor keturunan dan lingkungan.

ERBE SENTANU
Manusia adalah makhluk sebaik-baik ciptaan-Nya. Bahkan bisa dibilang manusia adalah ciptaan Tuhan yang paling sempurna dibandingkan dengan makhluk yang lain.

PAULA J.C & JANET W.K
Manusia adalah makhluk terbuka, bebas memilih makna dalam situasi, mengemban tanggung jawab atas keputusan yang hidup secara kontinu serta turut menyusun pola berhubungan dan unggul multidimensi dengan berbagai kemungkinan.

Jadi menurut saya manusia adalah makhluk paling sempurna ciptaan tuhan yang diberikan akal dan pikiran yang baik. Kombinasi antara ruh, jiwa, pikiran dan fisik nyata. Makhluk yang bisa berbicara, mendengar, merasakan, mencium dengan baik didunia ini. Yang bisa bertumbuh dan bertahan di lingkungannya.

PENDERITAAN

Penderitaan adalah keadaan dimana saat seseorang mengalami keadaan yang tidak menyenangkan, menanggung dalam hati, dan mengalami kesengsaraan berbagai masalah hidup yang selalu mengganggu fisik dan batin. Manusia dikatakan menderita apabila ia sudah mengalami depresi, putus asa, tekanan masalah yang bertubi-tubi.


(Sumber referensi :
http://carapedia.com/pengertian_definisi_manusia_menurut_para_ahli_info508.html
KBBI)

0 Response to "MANUSIA DAN PENDERITAAN"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel