-->

PENGERTIAN CINTA DAN MANFAATNYA

Cinta, gak pake laura 

Cinta?
Pengertian cinta dalam kehidupan ini sangat bermacam-macam dan sangat luas artiannya. Cinta bisa diartikan sebagai misteri, anugerah, kekuatan, pengorbanan, kelucuan, kekonyolan, obat, penyakit, perjuangan, persahabatan dan masih banyak lagi. Ada yang menganggap cinta itu hanya cinta kepada tuhan, alam, orang tua, keluarga dan lawan jenis atau pasangannya. Masih banyak lagi definisi cinta yang belum pernah ketahui dan rasakan. 
Menurut saya pribadi, cinta dapat didefiniskan sebagai kebahagiaan. Dimana saat kita mendapatkan kebahagiaan disitu pula kita mendapatkan cinta. Entah dari siapapun itu. Takaran kebahagiaan setiap manusia berbeda-beda, namun sekecil apapun kebahagiaan yang kita dapatkan selama hidup ini berarti kita masih bisa mendapatkan dan merasakan cinta, tidak ada yang percuma dalam hidup ini, kebahagiaan dan cinta kita sendiri yang menentukannya, bukan orang lain.
Dalam uraian filosofinya, cinta itu segala kebaikan yang pernah kita dapatkan dan rasakan. Tidak ada hal buruk dan negatif dalam cinta, karena cinta bisa diartikan juga rasa sayang, belas kasihan dan sumber kebahagiaan.

"Sebarkan dan berikan cinta kemanapun anda pergi.
Jangan pernah biarkan orang yang datang kepadamu, pergi tanpa
merasa lebih berbahagia dari sebelumnya."
- Mother Theresa -

Dari kutipan diatas, bisa kita rasakan dan pelajari. Tidak selamanya kita hanya ingin menerima cinta namun juga kita harus bisa memberikan cinta dan kebahagiaan terhadap sesama, siapapun itu. 

"Ketika aku berteman dengan mereka yang memusuhiku
dan bahkan menjadikan mereka temanku, bukankah itu berarti
aku telah "mengalahkan musuh-musuhku" tersebut?
- Abraham Lincoln -

Pernyataan Abraham Lincoln yang satu ini bisa membuat kita sadar bahwa cinta bukan hanya tentang kebahagiaan dan kesenangan semata. Cinta juga bisa melunakkan hati seorang musuh yang kemudian bisa menjadikannya sebagai teman. Dan ia pun berpendapat, bahwa cinta bisa mengalahkan musuhnya yaitu rasa benci, dan ia bisa membuktikannya dengan cara bisa berteman dengan seorang yang dahulu membencinya.

makanya jangan jomblo, cuk ;)


JENIS-JENIS CINTA

John Allan Lee mengidentifikasi adanya 6 jenis cinta, yakni tiga jenis cinta primer (eros, ludus, dan storge) serta tiga jenis cinta sekunder (mania, pragma, dan agape). Tipe cinta primer merupakan tipe cinta utama yang paling jelas membedakan adanya perbedaan tipe dalam cinta. Sementara itu, tipe cinta sekunder merupakan perpaduan antara tipe-tipe cinta primer. Tipe cinta mania merupakan perpaduan antara tipe cinta eros dan tipe cinta ludus. Tipe cinta pragma adalah tipe cinta sebagai hasil perpaduan tipe cinta ludus dan storge. Sedangkan tipe cinta agape adalah perpaduan tipe cinta eros dan tipe cinta storge.
Ciri Eros
Daya tarik fisik dan emosional yang kuat, komitmen terhadap yang dicintai.
Penuh gairah akan cintanya
Cinta pada orangyang diidealkan
Cinta pada pandangan pertama, berdasarkan daya tarik fisik dan keterbangkitan fisik.

Ciri Ludus
Cinta dianggap sebagai suatu permainan (Game-Playing Love)
Tidak ada komitmen terhadap cinta dan pasangan
Tidak pernah ada kecemburuan yang sesungguhnya.
Tanpa adanya komitmen dan kecemburuan, maka cinta terbebas dari kecemasan dan selalu menyenangkan. Bagi mereka hal inilah yang dinilai sebagai cinta yang sesungguhnya.
Dapat mencintai lebih dari satu orang pada saat bersamaan
Dapat dengan mudah mencintai seseorang lalu beralih ke yang lainnya.

Ciri Storge
Perasaan yang ada kurang berkobar-kobar tetapi mengandung afeksi yang dalam.
Komitmen kuat terhadap hubungan yang telah dibuat
Lebih sebagai hubungan persahabatan yang membutuhkan kepercayaan satu sama lain sepanjang waktu untuk membangunnya.

Ciri Mania
Kombinasi Eros dan Ludus
Cinta yang obsesif, sangat intens, penuh kecemasan, dan posesif.
Yang dicintai dipikirkan terus menerus
Ada kebutuhan yang sangat besar untuk dicintai
Ada kebutuhan untuk menjamin cinta akan terus bertahan sampai kapanpun

Ciri Pragma
Kombinasi Ludus dan Storge.
Cinta dipandang sebagai sesuatu yang realistik dan praktis.
Dalam menemukan yang dicintai dilihat kesamaan demografi dan kualitas kepribadian yang dibutuhkan untuk kecocokan dan lebih dari itu untuk keberlanjutan hubungan.

Ciri Agape
Kombinasi Eros dan Storge.
Penuh perhatian pada yang dicintai tanpa adanya kepentingan pribadi.
Cinta dilihat sebagai sesuatu yang intens dan penuh persahabatan.
Mereka menambahkan kualitas cinta dengan keinginan saling menolong (altruisme), dimana kebutuhan yang dicintai didahulukan daripada kebutuhan-kebutuhannya sendiri.


MANFAAT CINTA 
Berikut adalah beberapa manfaat yang Anda dapatkan dari jatuh cinta.
1) Kesehatan
Studi telah menunjukkan bahwa cinta dapat memberikan kita banyak manfaat kesehatan. Ketika kita penuh cinta, menurunkan tekanan darah kita dan kita merasa sedikit rasa sakit. Kita bisa memiliki jantung yang sehat jika kita selalu senang dan menghindari depresi. Dengan cinta, kita memiliki nafsu makan yang lebih baik dan pikiran yang sehat dan tubuh. Di sisi lain, hati untuk istirahat yang sering mengarah ke depresi dapat menyebabkan seseorang kehilangan nafsu makan dan menderita tekanan darah tinggi. Menurut penelitian, cinta dapat membuat seseorang lebih cerdas. Ketika seorang pria mencintai, hormon seperti zat yang disekresi oleh meningkatkan memori mereka.
2). Hidup lebih lama
Selain mendapatkan terinspirasi saat kita jatuh cinta, para ahli mengatakan bahwa cinta bisa membuat seseorang hidup lebih lama. Hal ini masih belum pasti apa yang menyebabkan ini terjadi, tetapi beberapa studi menunjukkan bahwa ketika dua orang sedang jatuh cinta, mereka cenderung peduli satu sama lain dan selalu peduli terhadap kesehatan dan keselamatan mitranya.
3) keamanan Emosional
cinta kita dapat memberikan keamanan emosional yang membuat kita merasa lebih yakin mengetahui bahwa seseorang mencintai kita. Orang yang tidak merasa dicintai biasanya merasa tidak aman karena mereka berpikir tidak ada yang peduli tentang mereka.
4) Kebahagiaan dan arah dalam kehidupan,
Tentu saja, kita semua tahu bahwa cinta kita merasa senang dan bahagia kita memiliki persepsi yang lebih jelas tentang kehidupan dan kita dapat menetapkan tujuan yang lebih baik. Menetapkan tujuan yang dapat membimbing kita ke arah yang benar dalam semua aspek kehidupan kita terutama ketika datang untuk membuat keputusan untuk masa depan.
5) komunikasi yang baik dan hubungan yang lebih baik.
Cinta memiliki efek psikologis pada seseorang ketika seseorang merasa dicintai, ia / dia bisa membangun hubungan yang lebih baik dengan orang-orang di sekitarnya / nya. Ketika Anda membangun sebuah hubungan yang hebat, Anda dapat dengan aman berkomunikasi lebih baik dengan orang-orang di sekelilingnya terutama dengan kerabat dekat dan teman-temannya.
6) Cinta bisa membuat pemuda tetap
Cinta dapat membuat seseorang terlihat muda dan menghindari menjadi tua. Hal ini karena ketika seseorang jatuh cinta, endorfin lebih akan diproduksi dalam tubuh dan dapat mengatur aliran endorfin di kulit dan tubuh secara keseluruhan. Hal ini dapat membantu membuat kulit kita lembut, halus dan tanpa keriput.
Cinta benar-benar memberikan manfaat bahwa kita tidak harus mengambil untuk parut. Lanjutan cinta dan sekarang hidup bahagia dan sehat.
cinta itu bahagia, sesederhana ini :)

KESIMPULAN

Bisa kita dapatkan intisari dari berbagai pandangan manusia terhadap cinta, yaitu kasih sayang. Tidak ada hal yang buruk dan negatif tentang cinta. Saat ada kasih sayang, cinta pun berkembang dan menghasilkan kebahagiaan. Jangan sia-siakan seseorang yang telah membagi cinta dan kebahagiannya kepada kita. Membagi cinta suatu hal yang wajib dilakukan setiap manusia terhadap sesamanya. Jadi cintailah cinta dan berikanlah cinta kepada semua orang disekitar kita.

(Sumber referensi : 
http://www.suksestotal.com/cinta.html
http://www.portalgue.com/2011/09/manfaat-anda-dapatkan-dari-cinta.html
https://mnrp.wordpress.com/2008/09/24/jenis-jenis-cinta/)

0 Response to "PENGERTIAN CINTA DAN MANFAATNYA"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel