-->

SISTEM CERDAS DENGAN KELEBIHAN & KEKURANGANNYA


A.      APA ITU SISTEM CERDAS?

Tentu antara sistem cerdas dan pemrograman komputer yang masih menggunakan pemikiran konvensional sangatlah jelas berbeda. Pada sistem cerdas tidak diperlukan lagi pemikiran konvensional tersebut, karena pada sistem cerdas dapat mengimplementasikan cara kerja otak manusia yang dianggap oleh sebagian orang sebagai hal yang mustahil tetapi dapat dibuat denga persamaan matematis. Sistem cerdas adalah sistem yang dapat mengadopsi sebagian kecil dari tingkat kecerdasan manusia untuk berinteraksi dengan keadaan eksternal suatu sistem. Sebagian kecil dari tingkat kecerdasan itu antara lain : kemampuan untuk dilatih, mengingat kembali kondisi yang pernah dialami, mengolah data-data untuk memberikan aksi yang tepat sesuai yang telah diajarkan dan kemampuan menyerap kepakaran seorang ahli melalui perintah yang dituliskan dalam sebuah bahasa pemrograman tertentu. Dengan adanya sistem cerdas, maka sebuah kecerdasan seperti manusia dapat dimasukkan kedalam mesin dan diharapkan nantinya mesin tersebut dapat berpikir dan bertindak seperti manusia dan bertindak secara rasional.

B.       JENIS SISTEM CERDAS

Dalam perkembangannya dapat dikelompokkan sebagai berikut :
·         Sistem Pakar(Expert System)
·         Pengolahan Bahasa Alami
·         Pengenalan Ucapan(Speech Recognition)
·         Robotika dan Sistem Sensor
·         Computer Vision
·         Intelligent Computer-Aided Instruction
·         Game Playing
·         Soft Computing

C.      KELEBIHAN & KEKURANGAN SISTEM CERDAS

1.       KELEBIHAN SISTEM CERDAS
·         Menjadikan pengetahuan dan nasihat lebih mudah didapat.
·         Meningkatkan penyelesaian masalah yang khusus.
·         Menjadikan panduan yang cerdas.
·         Meningkatkan reabilitas.
·         Kemampuan menyimpan data yang tidak terbatas (disesuaikan dengan kebutuhan).
·         Memiliki ketepatan dan kecepatan yang akurat dalam sistem kerjanya.
·         Membuat perkerjaan menjadi lebih efisien dan mudah.

2.       KEKURANGAN SISTEM CERDAS
·         Biaya yang sangat  besar dalam pembuatan dan implementasinya.
·         Tidak memakai tenaga manusia karena sistem cerdas dapat diterapkan dalam mesin/robot.
·         Tentu saja kecerdasan yang diberikan terhadap sistem cerdas terbatas, sehingga tidak dapat mengolah informasi yang tidak ada dalam sistemnya. Bisa dibilang cara kerjanya terbatas.

D.      PANDANGAN KEDEPAN TENTANG SISTEM CERDAS DI INDONESIA

Di Indonesia perkembangan sistem cerdas sudah sangat baik seperti yang sudah banyak diterapkan dalam bidang medis, ekonomi bahkan pertahanan. Namun perlu ditambah lagi agar semua masyarakat Indonesia terbantu dengan adanya sistem cerdas ini. Pada saat ini yang belum maksimal adalah penerapan sistem cerdas dalam bidang geologi, geografi dan penanggulangan bencana. Seperti yang diungkapkan BMKG saat ini Indonesia sangat butuh sekali sistem cerdas untuk pendekteksian atau peringatan banjir dan gempa, tetapi menurut saya masalah ini dapat diatasi karena semua institusi akan bekerja sama dalam hal penanggulangan bencana. Selain itu saya yakin sekali bahwa akan ada kemajuan teknologi sistem cerdas yang dapat bersaing dengan negara-negara lain agar Negara Indonesia ini tidak semakin tertinggal dengan negara-negara maju.


0 Response to "SISTEM CERDAS DENGAN KELEBIHAN & KEKURANGANNYA"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel