-->

PENJELASAN & KONSEP PEMBUATAN ANIMASI


Untuk melengkapi tugas mata kuliah softskill Pengantar Aplikasi Komputer dan Desain Grafis pada semester ini kelompok kami akan membuat animasi menggunakan software Adobe Flash, yaitu membuat animasi jam dinding.

Sebelumnya kami akan memperkenalkan apa itu aplikasi Adobe Flash. Adobe Flash adalah salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Systems, digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut, dahulu bernama Macromedia Flash. File flash berekstensi .swf atau Shockwave Flash. Software ini adalah salah satu program yang paling umum digunakan untuk membuat halaman web animasi, video player dan audio streaming.

Sebelum tahun 2005, Flash dirilis oleh Macromedia. Flash 1.0 diluncurkan pada tahun 1996 setelah Macromedia membeli program animasi vektor bernama FutureSplash. Versi terakhir yang diluncurkan di pasaran dengan menggunakan nama ‘Macromedia’ adalah Macromedia Flash 8. Pada tanggal 3 Desember 2005 Adobe Systems mengakuisisi Macromedia dan seluruh produknya, sehingga nama Macromedia Flash berubah menjadi Adobe Flash.

Keunggulan yang dimiliki oleh Flash ini adalah ia mampu diberikan sedikit code pemograman baik yang berjalan sendiri untuk mengatur animasi yang ada didalamnya atau digunakan untuk berkomunikasi dengan program lain seperti HTML, PHP, dan Database dengan pendekatan XML, dapat dikolaborasikan dengan web, karena mempunyai keunggulan antara lain kecil dalam ukuran file outputnya.

Setelah penjelasan mengenai aplikasi Adobe Flash, selanjutnya menjelaskan konsep untuk pembuatan animasinya. Seperti ini konsepnya :
  1.  Menginstall aplikasi Adobe Flash.
  2.  Selanjutnya membuat bentuk jam dinding, yaitu lingkaran, angka-angka dan jarum jam.
  3. Menggabungkan semua komponennya dan juga member warna agar lebih menarik.
  4.  Kemudian menggerakkan jamnya secara utuh.
Demikian konsep pembuatan animasi kelompok kami yang akan dipertimbangkan selanjutnya dalam pembuatannya. Untuk tahap selanjutnya akan dibahas dalam postingan berikutnya yaitu dalam tahap pembuatan animasinya.



Sumber  : https://id.m.wikipedia.org/wiki/Adobe_Flash 

0 Response to "PENJELASAN & KONSEP PEMBUATAN ANIMASI"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel