-->

PROSES PEMBUATAN ANIMASI DENGAN APLIKASI ADOBE FLASH

Sumber : http://belajar-php.com/wp-content/uploads/2016/10/flash_logo.jpg

Ini merupakan postingan lanjutan dari postingan sebelumnya yaitu Penjelasan &Konsep Pembuatan Animasi. Pada postingan kali ini berisi tentang implementasi dari sebuah konsep yang sebelumnya dibuat dan juga langkah-langkah pembuatan animasi dari awal hingga selesai. Berikut penjelasan dan langkah-langkahnya :
  1. Pembuatan animasi ini menggunakan aplikasi Adobe Flash CS3. Langkah pertama buka program Flash, dengan cara Start > All Program >  Flash, jika sudah terbuka aplikasinya maka membuat halaman baru dengan cara File > New atau Ctrl + N. Catatan : jika belum ada aplikasi Flash maka silahkan install dulu :D
  2. Halaman baru sudah tersedia kemudian membuat lingkaran menggunakan oval tool atau tekan tombol O. Sesuaikan dengan lebar halaman, untuk membuat lingkaran sempurna bisa dengan cara menekan dan menahan tombol Shift.
  3. Kemudian membuat satu per satu nomor jam 1-12 dengan cara menggunakan Text Tool atau tekan tombol T. Atur angka jam menggunakan Selection Tool atau tekan tombol V hingga sesuai.
  4. Buat 3 garis dengan panjang berbeda yang digunakan untuk penunjuk arah jam. Garis pendek sebagai jam, garis sedang sebagai menit dan garis panjang sebagai detik. Dibuat dengan menggunakan Line Tool atau tekan tombol N.
  5. Yang selanjutnya dilakukan adalah seleksi garis pendek (jam) dengan Selection Tool atau tombol V lalu pilih Modify > Convert to Symbol… atau F8.
  6. Kemudian muncul jendela Convert to Symbol dan ketikkan nama jam_flash, tentukan type Movie clip dan pastikan titik hitam Registration berada di bawah tengah, OK.
  7. Pada Properties isi dengan jam_flash di box instance name.
  8. Untuk garis sedang(menit) dan garis panjang(detik) sama saja langkahnya dengan garis pendek(jam). (Lihat langkah 4-7)
  9. Langkah selanjutnya gabungkan semua garis, dimulai dengan garis pendek(jam), garis sedang(menit) dan yang terakhir garis panjang(detik). Seperti ini :
  10. Jika semua proses dasarnya sudah dilewati, selanjutnya anda dapat mendesain dan memperbaiki grafisnya sesuai dengan keinginan anda agar lebih menarik dan pastinya lebih bagus. Berikut desain buatan saya :
  11. Jika sudah kemudian klik Layer 1 berada pada bagian kiri atas kemudian pilih Window > Action atau F9. Lalu muncul halaman panel action dan ketikkan script code seperti ini :
  12. Untuk menjalankan animasi bisa dengan cara pilih Control > Test Movie atau Ctrl+Enter. Hasilnya seperti ini :
  13. Export animasi dengan cara pilih File > Export > Export Animasi lalu pilih folder tujuan penyimpanan animasinya. Atau bisa dengan cara Ctrl+Alt+Shift+S lalu pilih folder tujuan penyimpanan.

Sekian penjelasan dan pembuatan animasi yang dibuat dengan aplikasi Adobe Flash dari saya, mulai tahap perancangan(penjelasan dan konsep) hingga tahap penerapnnya yaitu berupa langkah-langkah proses pembuatannya. Terimakasih.

0 Response to "PROSES PEMBUATAN ANIMASI DENGAN APLIKASI ADOBE FLASH"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel